Keuntungan dan Kerugian Duduk di Lorong Pesawat

Pesawat terbang - lion air
Tempat duduk paling nyaman di pesawat terbang, yakni dekat jendela, belakang kelas VIP dan di pintu darurat.

Bepergian dengan pesawat terbang adalah pilihan terbaik untuk menghemat waktu dan tenaga.

Dan saya adalah salah satu orang yang sering bepergian menggunakan pesawat terbang dengan beberapa maskapai, kecuali Garuda (harga tiketnya mahal).

Dan ada dua hal yang paling menyenangkan buat saya, ketika naik pesawat terbang, yakni duduk tepat di belakang kelas VIP karena sangat luas

Yang kedua duduk dekat jendela, itu karena saya bisa sandarkan kepala buat tidur dan melihat panorama langit, awan, gunung-gunung, dan masih banyak lagi.

Adapun kerugian dan keuntungan duduk di lorong dan di dekat jendela pesawat, dikutip dari merdeka.com, sebagai berikut:

Pemilihan duduk di pesawat tidak sembarangan. 

Melainkan harus sesuai urutan nomor yang sudah tertera di lembar boarding pass. 

Ada yang duduk di dekat jendela, ada pula yang duduk di dekat lorong pesawat.

Masing-masing punya penggemar favorit sendiri. Namun, jika ditakar kekurangan dan kelebihannya, mana yang lebih baik, duduk di dekat jendela atau lorong pesawat?

Duduk di kursi pesawat dekat lorong

Kelebihan duduk di kursi pesawat dekat lorong akan memudahkan pergi ke toilet, utamanya saat penerbangan jarak jauh. 

Begitu juga saat perut mendadak mulas lantaran salah makan, posisi duduk dekat lorong juga lebih efektif untuk bergerak menuju kamar kecil.

Kelebihan lainnya dapat dirasakan saat penerbangan transit. Ini akan mempermudah penumpang pesawat untuk lebih dulu keluar, dan bisa segera mengurus pergantian pesawat berikutnya.

Namun begitu, duduk di kursi dekat lorong juga punya kekurangan. Banyaknya awak kabin atau penumpang yang lalu-lalang kadang membuat istirahat jadi kurang nyaman. 

Belum lagi kalau penumpang yang duduk di tengah atau dekat jendela ingin pergi ke toilet, penumpang yang duduk di dekat lorong harus siap untuk menyingkir sebentar.

Duduk di kursi pesawat dekat jendela

Posisi duduk di kursi dekat jendela pesawat sangat ideal untuk penumpang yang ingin beristirahat dengan nyaman selama perjalanan. 

Selain itu, kesempatan untuk bersandar saat tidur juga lebih memungkinkan pada posisi ini.

Kelebihan lainnya, duduk di kursi pesawat dekat jendela menawarkan pemandangan langit yang menawan. Jika cuaca sedang cerah, dari cakrawala bisa melihat langsung gugusan pulau atau kota di daratan.

Kursi pesawat dekat jendela juga menguntungkan untuk ibu yang punya bayi. Apabila sewaktu-waktu ingin menyusui juga tidak risih.

Sementara kekurangan duduk di kursi pesawat dekat jendela terjadi manakala ingin pergi ke kamar kecil. Mau tak mau harus merepotkan penumpang yang duduk di sebelah.

Dari kelebihan dan kekurangan tersebut, silakan dipertimbangkan mana posisi duduk di kursi pesawat terbang yang tepat sesuai kebutuhan.



Comments

Post a Comment